Monday 30 April 2012

GAMCA ??

Mengurus visa untuk bekerja di luar negeri memang tidak mudah..
Salah satunya untuk negara timur tengah..
Mereka mempunyai kebijakan - kebijakan tertentu dan aturan ini itu. Khususnya untuk negara asia yang ingin mengirimkan tenaga kerja mereka.
Saya dapat tawaran nyanyi di salah satu bar di Abu dhabi.. Tentu ini adalah tawaran yang sangat bagus untuk saya.
Dan salah satu mimpi besar saya untuk 'go abroad' selama saya berkarier menjadi musisi.
Visa memang pihak sana yang akan mengurus, leader bandnya ( EL) yang mengurus ini dan itu nya tentang Visa saya.
Saya lakukan dengan cepat, scan passport dan mengirimkannya juga pas photo untuk visa.
1 minggu, 2 minggu, 1 bulan.. Wow.. Saya kira terlalu memakan waktu lama untuk mengurus visa.. Setiap saya tanyakan, EL selalu mengatakan " don't worry, I'll tell you and send it when its finished.
But then.. After more than a month He said " your visa is canceled, cos' you don't have any medical paper" yaiiiy!!
Then he asked me to have medical exam in Indonesia..
After googling sana sini.. Tentang medical check up ini, saya tidak menemukan hal yang jelas tentang ini. I mean.. Dimana saya harus melakukan MCU(Medical Check Up), di klinik biasa, atau di lab khusus. Sampai akhirnya saya menelepon embassy of UAE ..
"Silahkan mba telepon ke nomor ini, GAMCA office .. (Apaan tuh gamca??)Mereka yang akan menentukan klinik mana yang harus mba datangi untuk melakukan MCU"
Saya telepon ke nomor yang diberikan oleh embassy tadi untuk menanyakan alamat nya dan bagaimana proses nya.
Saya berhasila mendapatkan alamat nya - Jalan Tebet Timur 4F no 11 Jakarta selatan - ketika saya ingin menanyakan bagaimana proses nya.. Tut tut tut.. Telepon terputus.. Damn!! Ternyata pulsa saya habis.. Aduuh!!
Ketika saya coba telepon lagi, telepon nya tidak di angkat.
So, saya memutuskan untuk mencarinya di google.. Apa itu GAMCA..
Siapa tau ada website nya. Tapi nihil, saya tidak menemukan web mereka.
GAMCA is The Gulf Cooperation Council (GCC) Accredited Medical Clinics Association atau sebuah asosiasi yang ditunjuk oleh negara timur tengah untuk melakukan medical check up bagi pekerja yang akan bekerja di negara timur tengah.
Yang saya dapati alhasil googling
Banyak kasus diskriminasi disana.. Tidak hanya di indonesia, di negara lain seperti india, filipina, atau nepal. Karena katanya ada beberapa negara asia di bawah aturan ini.
Banyak tenaga kerja yang dinyatakan UNFIT to work di klinik mereka..padahal jika dicek di klinik lain, atau dokter, mereka FIT to work .
Ketika mengajukan protes, dengan membawa hasil check up dari klinik lain, mereka akan melakukan pembelaan berdasarkan prosedur yg berlaku disana.
Agak bikin nervous juga niih.. Mau check up di kilinik mereka.
Masalahnya kan ini menyangkut masa depan seseorang..
Entah.. Mana yang benar.. Wallahu'alam
Tapi kalo penasaran bisa check
www.stopgamca.org
abdulrahmanasim.wordpress.com/2011/03/05/gamca-gcc-medical-exam-guidelines-fit-or-unfit/
Powered by Telkomsel BlackBerry®

8 comments:

  1. Kamu sih gk tanya aku tentang gamca emangnya kamu unfit apa?

    ReplyDelete
  2. Mau Gamca klo posisinya masih di Indonesia dan di bumi tercinta bisa diatur lah cincai lah

    ReplyDelete
  3. aku baru mcu kemarin di bakhtir medical center yg ti condet.. belum tau hasilnya.. katanya sih ini sore..
    agak worry juga..
    btw.. sapa niih? :p

    ReplyDelete
  4. share dong! how to make it work :)

    ReplyDelete
  5. mba ku selalu ikuti ceritanya ttg gamca.. hasillnya belom keluar ya?
    ku juga mau med test tp negara tuuan dubai bisa ga si kalo di gamca?

    ReplyDelete
  6. Hey.. makasih udah mampir di blog aku.. :)
    Aku udah dapet hasilnya.. alhamdulillah FIT
    Bukan masalah bisa atau engganya.. Dubai merupakan negara UEA(United Emirates Arab )Jadi memang harus Lewat GAMCA.. si Gamca ini bukan klinik nya.. tapi Badan yang menunjuk dan menentukan ke klinik mana kita harus melakukan med check up.
    Coba deh baca artikel aku yang atas.. aku share pengalaman MCU di salah satu kliniknya Gamca.
    Semoga membantu :)

    ReplyDelete
  7. iya dekat kantor aku itu memang kerjaan aku untuk urusin medikal ke Negara Anggota GCC yang medikalnya memang harus disahkan melalui Gamca

    ReplyDelete
  8. ni alamat Ym aku ahmad_kezman33@yahoo.com kalo ada yang bisa aku jawab dengan senang hati aku jwab

    ReplyDelete